Wow, Kimi Juara Dunia Kini

Diposting oleh S Kelana | 20.42 | | 2 komentar »

Saya langsung tersentak begitu Kimmi “the ice man” Raikkonen mobilnya melewati menghabiskan putaran ke 71 atau melewati garis finis Circuit Interlagos, disusul kemudian Filipe Massa, Fernando Alonso, disusul Nico Rosberg, Kubica dan Nick Heidfeld. Sementara Hamilton finis pada urutan ke tujuh. Kemenangan itu, dengan mempertimbangkan posisi Alonso dan Hamilton, jelas langsung meneguhkan dirinya sebagai juara dunia musim balapan 2007 ini. Selamat Kimi, Anda memang layak menjadi juara. Selamat..

Kemenangan itu sungguh luar biasa. Kemenangan yang jelas-jelas tidak mudah dan pasti team Ferrari berdebar jantungnya, demikian halnya seluruh penggemar Ferrari, termasuk saya tentunya.

Sebelumnya, jika dihitung-hitung secara matematis, peluang Kimmi untuk menjadi juara sangat kecil meningat dua pembalap Mc Laren sama-sama sebelum balapan menempati urutan tertinggi.

Sebagian pengamat banyak mengunggulkan Mc Laren dan di atas kertas memang peluangnya lebih besar untuk menduduki juara. Utamanya Lewis Hamilton. Sebelum balapan ia menempati puncak klasemen dengan koleksi 107 poitn. Sementara rekan satu teamnya, Fernando Alonso pointnya 103, sedangkan pembalap Ferrari menempati urutan ketiga denngan point yang dikumpulkan sebanyak 100. Jadi jelas, dua pembalap Mc Laren unggul.

Hamilton akan dengan sendirinya akan menjadi juara dunia jika ia berhasil finis diurutan ke satu atau kedua, tanpa mempertimbangkan hasil Fernando Alonso. Demikian juga ia akan tetap menjadi juara dunia jika ia gagal lomba asalkan Alonso tidak lebih baik dari posisi kelima dan Raikkonen tidak lebih baik dari posisi ketiga. Sementara Alonso akan menjadi juara dunia jika ia memenangi balapan dan Hamilton tidak tidak lebih baik dari posisi ketiga. Demikian halnya jika Alonso pada urutan keempat ia tetap akan menjadi juara dunia asalkan Hamilton gagal finish, sedangkan posisi Kimi tidak lebih baik dari posisi ketiga.

Kimi pelaungnya kecil mesti terbuka. Kimi akan menjadi juara dunia jika memenangi lomba dan Alonso finis ketiga atau lebih lebih buruk, sedangkan Hamilton finis keenam atau lebih buruk. Kimi juga akan tetap menjadi juara dunia jika ia finis kedua jika Alonso menempati posisi tidak lebih baik dari empat, sedangkan Hamilton finis ururan ke delapan atau lebih buruk.

Terseok Di Awal

Setelah gagal merebut juara di musim 2006 menjadi juara, musim 2007 juga bukan suatu mulus bagi Ferrari. Sebaliknya, Mc Laren tampak sangat jumawa sejak awal lomba. Saingat terkedatnya, McLaren sukses, setelah memprotes movable floornya Ferrari. Tak hanya itu, keberhasilan protes itu juga diikuti oleh performa pembalapnya Fernando Alonso danLewis Hamilton, yang sangat meyakinkan.

Di luar race, moral Ferrari semakin meningkat dan sebaliknya moral McLaren menurun seiring terbongkarnya skandal mata-mata dan akhirnya menjadi pihak yang dinyatakan bersalah. Klimaknya. seluruh poin konstruktor dihapus. Pukulan pertama, dimana team McLaren harus mengubur impian jadi juara dunia konstruktor.

Ditambah lagi, dipicu perseteruan internal atau adanya rivalitas antara Alonso dan Hamilton. Keduanya bekerja sendiri-sendiri. Di luar race, kabarnya dua pembalap itu juga sudah pada tahap tidak saling menyapa. Rivalitas itu sangat nyata pada race di Interlagos. Alonso seperti sangat enggan dilewati Hamilton yang juga terlihat sangat bernafsu melewati rekannya. Implikasinya, mobil tunggangan Hamilton sempat keluar dari lintasan.





Klasemen GP Formula 1 Formula 1 Musim 2007

Klasemen pembalap
No. Pembalap Tim Poin
1. Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari 110
2. Lewis Hamilton (Inggris) McLaren Mercedes 109
3. Fernando Alonso (Spanyol) McLaren Mercedes 109
4. Felipe Massa (Brasil) Ferrari 94
5. Nick Heidfeld (Jerman) BMW Sauber 61
6. Robert Kubica (Polandia) BMW Sauber 39
7. Heikki Kovalainen (Finlandia) Renault 30
8. Giancarlo Fisichella (Italia) Renault 21
9. Nico Rosberg (Jerman) Williams 20
10. David Coulthard (Skotlandia) Red Bull 14
11. Alexander Wurz (Austria) Williams 13
12. Mark Webber (Australia) Red Bull 10
13. Jarno Trulli (Italia) Toyota 8
14. Jenson Button (Inggris) Honda 6
15. Sebastian Vettel (Jerman) Toro Rosso 6
16. Ralf Schumacher (Jerman) Toyota 5
17. Takuma Sato (Jepang) Super Aguri 4
18. Vitantonio Liuzzi (Italia) Toro Rosso 3
19. Adrian Sutil (Jerman) Spyker 1
20. Anthony Davidson (Inggris) Super Aguri -
21. Scott Speed (Amerika) Toro Rosso -
22. Rubens Barrichello (Brasil) Honda -
23. Christijan Albers (Belanda) Spyker -
24. Markus Winkelhock (Jerman) Spyker -


Konstruktor
No Team Point
1. McLaren Mercedes 218
2. Ferrari 204
3. BMW Sauber 100
4. Renault 51
5. Williams 33
6. Red Bull 24
7. Toyota 13
8. Toro Rosso 9
9. Honda 6
10. Super Aguri 4
11. Spyker


2 komentar

  1. Tebe Timoer // 21 Oktober 2007 pukul 20.57  

    Selamat bung, Ferrari memang, Favorit ku Toyota belum bisa bicara banyak. Maklum masih pendatang baru dan moga-moga musim 2008 bisa bicara banyak dan menandingi Ferrari. Sekalilagi selamat...

  2. Anonim // 24 Oktober 2007 pukul 18.05  

    Betul bung, kemenangan Kimi memang luar biasa. Seperti sebuah keajaiban. Sebaliknya Lewis Hamilton yang dari awal leading dalam pengumpulan poin harus mengubur mimpinya gara-gara harus bersaing dengan Alonso. Salah satu faktor kemenangan Kimi ada dukungan dari rekan satu teamnya, Filipe Massa.